Saturday, June 6, 2015

Resep rawon yang enak


Indonesia kaya akan kulinernya yang memiliki rasa yang enak dan juga memiliki banyak sekali khasiat karena bahan yang digunakan merupakan bahan yang berasal dari alam dari alam. Salah satu makanan khas tradisional yang ada di Indonesia dan terkenal di seluruh dunia adalah rawon. Rawon merupakan menu berupa sup daging yang memiliki rasa kuah sangat khas. Asal dari makanan yang satu ini adalah dari daerah Jawa Timur namun banyak juga warga masyarakat indonesia yang sudah mengenal makanan khas yang satu ini.

Mungkin langsung saja untuk kalian yang sudah tidak sabar ingin mencoba membuatnya dan merasakan rasanya. Simak dengan baik dan lakukan langkah-langkahnya dengan benar, supaya hasil yang nantinya akan kalian dapat bisa maksimal dan memuaskan.


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:



350 gram daging tetelan
1.300 ml air
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
1 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 batang daun bawang potong 1 cm
1 1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah keluak seduh
1 cm kunyit bakar
3 butir kemiri sangrai

Bahan Pelengkap:
sambal terasi
kerupuk udang
taoge
telur asin

Cara Membuat Rawon:
Rebus daging tetelan dan air sampai matang. Saring dan ukur 1.000 ml air kaldunya. Didihkan lagi.
Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Tuang ke rebusan daging. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.
Sajikan rawon dengan pelengkapnya.

Rawon enak dan gurih yang kalian buat sudah bisa dinikmati bersama keluarga dirumah. Sangat pas jika rawon disajikan bersama dengan nasi putih yang masih hangat. Bagaimana? Mudah bukan caranya,

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment